Minggu, 19 Oktober 2008

Fiksi atas Fakta (pt.18)

”Jadi kemaren elo dua hari Soulnation sama Marsya?” Girindra bertanya sambil mengaitkan sabuk pengaman.
Mereka janjian ketemu Wina di Burger King Skyline Building untuk makan siang.
Antrian mobil dari lantai lima menuju gerbang keluar di ground floor bergerak cukup lambat.
Tadinya, Girindra mengajak mereka nonton, karena dia sebenarnya sedang puasa.
Tapi karena Wina harus siaran, jadi terpaksa dia yang mengalah.
”Iya.” Rhino menjawab singkat.
”Kalo pergi nonton konser gitu, bisa di-consider sebagai dating, enggak sih?”
”Umm.. not really, ya.”
”So you guys, pergi bareng, just as friends?”
”Yup, well more like partner sih actually.”
”Partner? Partner in what? Partner in Christ? Yeah right!” Girindra tergelak.
”Rese lo. Partner kerjalah, kita kan kemaren liputan, gw jurnalis, dia fotografer.”
”Lho? Emang Marsya kerja di majalah lo?”
”Iya, jadi kontributor merangkap fotografer, kebetulan dia bisa foto.”
”Hah? Waahhh.. curang lo ya, giliran Marsya aja diajak-ajak pergi konser! Gw temen elo sendiri, enggak pernah ditawarin! Kan gw juga bisa jadi fotografer doang mah, apa kurangnya kamera gw!”
”Well, kamera dia sih lebih bagus, kayaknya. Dia juga lensanya bagus. Bukannya gimana ya, Gir. Tapi gw enggak pernah ngeliat hasil foto lo kayak pas konser gitu. Elo kan lebih sering foto scenery.”
”Ya si Marsya, elo tau dari mana coba fotonya bagus apa enggak? Kok elo bisa kasih kesempatan gitu.”
”Yee.. dia kan sebelumnya udah pernah foto buat konsernya Daughtry, jadi gw udah liat. Dan emang jepretan dia bagus.”
”Ah udahlah.. gw males lah sama elo. Jadi pertemanan kita segini doang. Gila gw temen lo berapa tahun, enggak pernah dikasih gratisan nonton konser. Marsya baru kenal berapa hari udah diajak-ajak.”
”Heh, enak aja, gw kenal Marsya kan udah lama. Udah setahunan. Lagian elo kan biasanya nonton konser gitu bayar.”
”Ya kalo bisa gratis kenapa harus bayar. Si Marsya juga pasti kalo disuruh bayar mampu dia.”

Aduh, ini anak maunya apa, sih?
Repot amat malah jadi bahas beginian.

”Lagian ya Gir, gw bukannya enggak pernah ya nawarin elo jadi kontributor fotografer majalah gw. Waktu Incubus kan gw tawarin, mau enggak lo motret, elo bilang liat entar.”
”Enggak, elo enggak nawarin gw. Elo cuma pengen minjem kamera gw.”
”Iya gw akhirnya minjem, karena elonya enggak mau jadi fotografer. Kameranya juga enggak dipinjemin kan akhirnya.”
”Lagian gw pas Incubus kan pengen di depan, kalo motret enggak tau nanti berdirinya di mana.”
”Tuh kan, emang elo enggak niat, ya udah jangan bilang gw enggak pernah nawarin.”
”Ya udah, entar deh ya pas Coldplay, gw enggak mau tau, elo musti ngajak gw.”
”Liat nanti ya. Kalo Marsya suka, gw pake Marsya, foto dia lebih bagus, gw sih skala prioritas aja.”
”Ya elah.. ah udahlah, cukup tau aja gw mah.”
”Heh gebleg, sekarang gini aja, kalo elo mesti milih antara gw sama Tasya, sama-sama lagi butuh elo banget, elo pilih siapa? Pilih Tasya kan pasti, ya ngapain juga gw musti milih elo ketimbang Marsya?”
”Ya bedalah, Tasya kan cewek gw.”
”Ya gw juga mendingan milih cewek, daripada milih elo, gebleg. Biar sama Marsya cuma temenan, ya tetep aja lebih gentle ngedahuluin cewek, kan?”

Semakin tidak penting arah pembicaraan ini.
Dua-duanya seperti anak kecil yang sama-sama enggan mengalah.
Karena seperti cara pikir orang yang belum matang, mengalah itu berarti kalah.
Sementara mengalah, belum tentu kalah.
Sebenarnya Rhino bukan tipe yang suka berdebat.
Tapi kalau berargumen dengan Girindra, entah kenapa, Rhino seperti tertantang, harus bisa menang melawan pendapat dia. Sepenting apapun, setidak penting apapun.

”Jadi gimana kemarin pergi sama Marsya” tanya Wina ketika mereka bertiga sudah duduk di salah satu meja Burger King, dengan pesanan masing-masing di depan mata, kecuali Girindra yang sedang puasa.
Wina dan Girindra, sejak pertama kali melihat Marsya, selalu bersikeras, bahwa Rhino dan Marsya bisa jadi pasangan yang cocok dan ideal.
Padahal Rhino sendiri merasa biasa saja, Marsya hanya teman.
Teman ngobrol yang asik, teman yang punya selera hampir sama mungkin.
”Menyenangkan, kok. R&B-an bareng, inget masa SMA.”
”Jadian aja sih elo berdua,” ujar Girindra.
”Umm.. I don’t feel anythin. Lagian kan elo tau gw emang pengen belom pacaran.”
”Tapi kalo ketertarikan ke Marsya ada, Rhin?”
”Well, dia emang menarik, cantik, dunianya sama kayak gw, dunia media, entertainment, jurnalistik. Di gereja ministry-nya sama. Lumayan memenuhi kriteria. But again, I don’t feel anythin. Gw tertarik untuk temenan sama dia dan get to know her more, but that’s all. Ya enggak ada yang tau juga masa depan gimana, but untuk sekarang sih, seriously i like to be friends with her.”

”Tapi chemistry itu emang penting banget, sih. Kalo emang enggak ada chemistry-nya jangan dipaksain.” kata Girindra.
”Dulu gw berpikiran begitu. Tapi semakin gw tua, semakin gw sadar, chemistry enggak harus selalu ada.” bantah Wina.
Rhino memutar bola matanya.
Dia sudah tahu ini arahnya ke mana.
Wina dan Girindra suka sekali berdebat panjang.
Buntutnya, Rhino pasti yang harus jadi penengah.
Penentu keputusan, pendapat siapa yang lebih masuk akal, Wina atau Girindra.
Kebanyakan Wina, karena sampai kuda beranak kucing juga Girindra tidak akan menang debat melawan Wina.
”Enggak, ah. Menurut gw chemistry penting banget. Elo bakalan sampe tua sama pasangan hidup lo, tapi kalo enggak ada chemistry-nya gimana?”
”Bokap nyokap gw enggak ada chemistry waktu nikah dulu,” Wina menggigit ujung salah satu potongan kentangnya. ”Tapi liat keluarga sekarang, they really love each other.”
”Chemistry itu penting,” lanjut Wina. ”Tapi bukan yang terpenting. Yang terpenting adalah logika, pikiran. Elo pikir orang kalo udah nikah bertahun-tahun chemistry-nya masih ada? Ada mungkin, tapi enggak sebanyak waktu mereka pertama ketemu. Yang bikin mereka stay together cuma komitmen, ikatan janji pernikahan yang udah dibuat di hadapan Tuhan. Coba kalo elo sama Tasya, udah mau lima bulan, kan? Chemistry-nya kurang apa nambah dibanding waktu pertama jadian dulu?” tanya Wina.
”Nambah,” jawab Girindra cepat.
”Bagus berarti. Tapi liat ya, seiring berjalannya waktu. Kita liat seberapa kuat kalian mempertahankan chemistry kalian. Kalo bisa enggak ilang-ilang bagus, but fat chance.”
”We’ll see then.”
”Girindra, waktu gw seumuran lo, gw juga begitu idealis. Gw yakin pendapat gw bener, tapi ketika gw tambah tua, otak gw mulai jalan. Percaya deh, one day you’ll understand me.” Wina menutup sesi debat mereka sambil tersenyum bijaksana.

”Rhin, elo tau enggak, sih. Rasa sayang gw ke musik berkurang, lho.”
Girindra tiba-tiba mengaku, dalam perjalanan pulang mereka dari Burger King.
”Hah kok bisa?”
Rhino heran, Girindra dan musik bagaikan sebuah kesatuan yang tidak mungkin bisa dipisahkan dengan cara apapun. Girindra punya bakat yang luar biasa dalam bermusik.
Impiannya saja menjadi rock star, walau kenyataan membarikade impiannya dan mengkotakkannya ke dalam dunia hukum, di mana dia harus menjadi lawyer berpakaian rapi, dan lembur di law firm.
”Kayaknya gara-gara pacaran, deh. Karena keasikan spend time sama Tasya, i just simply lost my passion on music.”
”Wah Gir, elo tuh bener-bener enggak bisa bagi fokus, ya.”
”Ya gw kan emang single-tasking person. Enggak bisa multi-tasking.”
”Well, gw juga enggak bisa multi-tasking. Tapi enggak segitunya juga. Ketika kerja ya fokus di kerja, ketika kuliah ya fokus kuliah. Kalo elo, pas lagi kuliah, misalnya ujian, sibuk diem di rumah, enggak bisa fokus ke yang lain. Kalo gw, ujian, belajar ya belajar, tapi bukan berarti kehidupan di luar rumah gw berhenti. Terus kalo udah asik pacaran gini, kuliah lo gimana?”
”Ya, akhir akhir ini sih IP gw bagus terus.”
Rhino mendengus, ”So now you’re taking it for granted?”
”Enggak sih, gw tetep jaga nilai. Cuma ya, emang rada menurun sih. Gw males nih bikin skripsi.”
Rhino diam, tidak tahu harus melanjuti kalimat Girindra dengan apa.

”Eh Gir, akhir-akhir ini kenapa banyak banget orang meninggal, ya?” Rhino membuka topik baru.
”Iya, gw juga, kalo enggak dari keluarga gw, dari keluarga Tasya. Aneh.”
”Gw juga, udah berturut-turut, nih. Tiap minggu ada aja, gw tau tiap hari juga di dunia pasti ada orang meninggal, tapi enggak pernah yang sebanyak ini secara berturut-turut terjadi dalam circle orang-orang yang gw kenal.”
”Gw juga!”
”Serem ya, tau-tau minggu depan elo, gimana?”
”Well Rhin, when it’s the time, ya it’s the time. Mau diapain?”
”Iya, sih.”
Rhino bergidik ngeri, membayangkan kalau benar-benar harus melihat Girindra, atau orang-orang terdekatnya yang lain, terbujur kaku dalam peti mati.

”By the way, elo tau enggak. Udah tiga bulan ini, gw sering banget melihat angka sebelas.”
”Hah?”
”Iya angka sebelas. Macem-macem, di jam, di sisa karakter waktu ngetik SMS, di angka kilometer, terus kayak sekarang, tuh CD lagi muter track 11.”
”I don’t believe in such things sih, Gir.”
”Gw juga, but if it happens to you like three months in a row, pasti elo bakal heran dan mulai bertanya-tanya juga.”
”Iya, sih. Elo tau enggak sih, kalo apa yang gw denger dari seorang Dewi Lestari, angka sebelas itu dalam numerologi, melambangkan sesuatu yang sakral dan spiritual. Angka sebelas melambangkan sebuah gerbang yang terbuka dan menyatukan dunia spiritual dengan dunia fisik. Makanya album sama novel terbarunya berisi 11 lagu, dan 11 cerita.”
”Iya gw tau arti angka sebelas. Gw research di internet, emang berhubungan sama spiritual, dan biasanya terjadinya ke arah yang positif. Jadi orang-orang yang tiba-tiba melihat angka sebelas banyak banget, bakal ngalamin suatu perubahan spiritual secara drastis ke arah yang positif.”
”Waw.. wah, bulan depan kali, Gir! Kan bulan November, bulan sebelas, tanggal sebelas.”
”Mungkin. Gw udah enggak kepikiran, sih. Awalnya sih ngeganggu gw banget. Tapi ya enggak tau deh aneh. By the way, gw mau mampir Sportsmal dulu nih beli DVD. Elo mau ikut enggak?”
”Ikut, gw juga mau belanja DVD.”
”Gw mustinya sampe rumah bikin skripsi tapi males. Gw mau di kamar aja nonton DVD, abis di rumah lagi banyak banget orang. Sodara-sodara bokap gw lagi pada dateng, kayak ada perkumpulan Siahaan se-Jakarta gitu. Males.”
”Wah gila! Se-Jakarta?!!”
”Ya enggak literally, tapi kira-kira segitu.”

Tidak ada komentar: