Rabu, 12 September 2007

this semester, 5th semester. another fight to get more than just 3.5

Setelah melewati berbagai kegilaan di semester genap yang identik dengan subjek yang lebih banyak “praktek” daripada teorinya, di mana semua seperti jadwal sinetron kejar tayang. Akhirnya, sekarang gw kembali memasuki semester ganjil, yang lebih identik dengan subjek yang banyak teori dan logika, lebih banyak duduk di kelas, dan mempersiapkan makalah serta presentasi. Lebih santai dibandingkan semester genap, tapi tetap ngejelimet buat dimasukkan ke cerebrum ini.

Angka SKS sedikit berkurang, dari 23 sks di semester 4, di semester 5 ini gw cuma perlu menyelesaikan 17 SKS. Pelajaran semakin sedikit, bukan berarti tugas berkurang.

Subject2 baru yang gw musti hadapi di semester ini adalah:

1. Political Communication.

Hadoohh .. ga jelas juntrungannya apa tujuan gw belajar ini. Untuk berkomunikasi saat berpolitik, atau untuk berpolitik saat sedang berkomunikasi?? Yang pasti subject ini diajar oleh dosen UI lagi!! Ga cukup semester lalu gw dapet 2 orang dosen UI, yang gara-garanya nilai gw jadi B. Huaa .. taulah seberapa pelitnya mereka memberi nilai. Metode pengajaran mereka ga bisa dicerna otak mahasiswa kampus gw yang berpola hidup santhaiii.

2. Introduction to Statistic.

Gila, ya! Gw pikir setelah gw melewati ujian nasional di SMA dua taun lalu, gw akan terbebas dari pelajaran sampah yang disebut orang Matematika. Tapi ternyata, di jurusan gw ini yang gw kira ga ada relevansinya sama sekali sama pelajaran tae itu, semester ini gw harus menemui pelajaran serupa yang berhubungan dengan rumus dan kalkulator. Untungnya pelajaran statistik ini cuma 2 SKS. Dosennya juga sangat menyebalkan.

3. Post Production and Editing.

Ketemu lagi dengan Mam Candy, si dosen Filipin yang baek hati dengan

gaya

bicara yang sangat unik. Production (dibaca prodaksyong sama dia hahaha!! Serasa orang Perancis yaa??). Di sini gw bakal belajar mengedit sebuah produksi, ya sesuailah sama judul subjeknya. Ini salah satu mata kuliah yang bisa gw andalkan untuk menggenjot IP.

4. Development of Communication Technologies.

Mungkin ini pelajaran yang paling gw bisa, dan gw banget. Mata kuliah ini berbicara mengenai komunikasi melalui teknologi, salah satu assignment akhirnya adalah membuat blog .. hahahahah gampil !!! Salah satu tugasnya lagi, rajin buka buka web dan join mailing list. Yuuuu.

5. Organisational Communication.

Mata kuliah ini menurut gw ga terlalu menarik. Tapi dosennya cara mengajarnya lumayan enak, dia ramah, bawel, dan pake sistem belajar two way. Jadi kita ga cuma diem duduk dengerin dia sampe bosen, tapi kita bisa interupsi, walaupun interupsi untuk menanyakan hal-hal ga penting seperti apa gossip terkini. Dia akan senang hati menanggapi. Haha.

6. Indonesian Legal System.

Gw ga percaya, di tengah kuliah komunikasi gw masih musti belajar yang namanya hukum!!! Gw ga mau jadi pengacara, gw ga perduli soal gitu-gituan!!! Dosennya sangat membosankan. Gabungan antara Mam Rini dan Umi, monoton, konservatif, old-skool, presentasi pake ohp bukannya power point bikin mata sakit, musti rajin nyatet, dan musti dengerin dia sedikit2 membanggakan kehidupan keluarganya yang pintar pintar !! Yay ! Heran, gw kuliah komunikasi, tapi pernah belajar Desktop Publishing yang harusnya buat anak desain grafis, terus ada Photography yang harusnya buat anak Advertising, belajar Drama Literature yang harusnya buat anak IKJ, belajar Psychology, belajar matematika, terus sekarang gw harus belajar hukum juga ???? Damn. Absurd sangat sepertinya major yang gw ambil.

Tidak ada komentar: